Senin, 30 September 2013

Mari Kita Raih Adipura



Singkawang, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Singkawang melakukan koordinasi dengan SKPD-SKPD terkait, pengusaha dan pihak bersangkutan lainnya guna mempersiapkan penilaian Adipura. Sekretaris BLH Kota Singkawang Karyadi, di ruang kerjanya, Kamis (19/9), mengungkapkan bahwa Kota Singkawang sudah berhasil meraih penghargaan Adipura dua kali tahun 2008 dan 2009, namun di tahun-tahun berikutnya lepas. Menurut Karyadi target utama adalah terwujudnya kota yang bersih dan teduh, lingkungan yang sehat dan penghargaan Adipura merupakan salah satu motivasi untuk mewujudkan target dan tujuan utama. 
Adipura merupakan salah satu program strategis Kementerian Lingkungan Hidup yang mempunyai maksud dan tujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kota yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance) dan Tata Kelola Lingkungan yang baik (Good Environment Governance). “Adipura sebenarnya digunakan sebagai alat untuk mendorong motivasi aparat pemerintah dan masyarakat untuk meperbaiki dan meningkatkan kondisi kebersihan lingkungan,” ungkap Karyadi. 
Lebih tegas Karyadi mengungkapkan bahwa beberapa tujuan di balik penghargaan Adipura antara lain adalah untuk menurunkan tingkat polusi dari limbah domestik,  merealisasikan kesehatan lingkungan dan merealisasikan budaya bersih lingkungan. “Untuk mewujudkan target dan tujuan,  bertempat di BLH  melakukan koordinasi dengan SKPD-SKPD terkait, guna mengintegrasikan program dan kegiatan agar diperoleh suatu kesepakatan dan strategi untuk mewujudkan tujuan lebih optimal dan seluruh SKPD sudah sepakat untuk berusaha mewujudkan tercapainya Penghargaan Adipura” kata Karyadi.
Lebih lanjut mantan Kepala Satpol PP Kota Singkawang itu mengatakan program Adipura akan terlaksana dengan baik jika ditunjang dengan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan lingkungan. Kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, masyarakat dan dinas/ instansi terkait sangatlah perlu dibina dan dijalin secara terus menerus dan berkesinambungan. “Agar lingkungan menjadi baik, perlu dukungan dan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam mencapai lingkungan yang bersih dan teduh, karena peran serta masyarakat sangatlah penting untuk menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.
Sebenarnya program Adipura ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah dan Dinas/Instansi terkait saja melainkan juga tanggung jawab kita bersama seluruh elemen masyarakat. Budaya gotong royong diharapkan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di semua elemen masyarakat Kota Singkawang. (ky)