Senin, 23 September 2013

Memperkenalkan Agrowisata Di Kota Singkawang







Singkawang sebagai ikon Pariwisata di Kalimantan Barat, mempunyai berbagai potensi menarik  yang  membuat
wisatawan yang mengunjungi akan sangat betah dibuatnya.
     Sekretaris BLH Kota Singkawang,karyadi, mengungkapkan Singkawang selain mempunyai berbagai potensi wisata alamnya,baik berupa pantai,gunung maupun keunikan adat budaya masyarakatnya juga ada potensi yang belum digarap yaitu Agrowisata.
     "Sungguh saya sangat bersyukur,selain sebagi PNS saya juga mempunyai hobby berkebun,belasan tahun yang lalu dengan saya  tekuni dan kesabaran menanam berbagai buah antara lain,nanas,jeruk,durian,rambutan ,lengkeng,mangga maupun yang lainnya ,kini bisa membuahkan hasil," ungkapnya disela sela menerima tamu dari berbagai  perkumpulan organisasi Wanita Kota Singkawang,Minggu (1/9).
     Karyadi mengungkapkan,tujuan utama dulu membeli lahan atau tanah serta   menanaminya dengan  berbagai jenis buah ini,sebagai langkah upaya menabung  persiapan anak untuk kuliah nantinya ,hitung hitung  upaya mensiasati gaji PNS yang relatif tidak akan cukup mengejar cita cita 3 anak kuliah sesuai yang diinginkannya.
      "disamping nabung dalam bentuk lahan atau tanah yang yakin harganya semakin tahun semakin tinggi, saya juga tanami berbagai buah ,agar kawan,keluarga  dapat juga ikut merasakannya,"paparnya.
     Karyadi mengungkapkan,sungguh diluar dugaan,disamping harga tanah dalam kurun waktu belasan tahun di Singkawang yang semakin menjulang tinggi, berbagai potensi buah dapat juga kita nikmati hasilnya,lumayan bisa tambahuntuk beli bumbu dapur.Selanjutnya,karyadi mengungkapkan, luas kebun yang baru mampu saya garap  kurang lebih hanya  8 hektar saja,karena tanggung jawab saya sebagai Abdi Negara tidak mungkin saya  lalaikan."Dengan banyaknya wisatawan yang sering datang dikebun serta  dapat menikmati berbagai buah  yang  langsung dipetik dipohon,merupakan hiburan yang luar biasa rasanya,disamping kenyang juga napas dan badan makin segar dibuatnya,"katanya.
     karyadi menyatakan,semoga masyarakat semangat dapat memanfaatkan potensi kebun buahnya untuk Agrowisata tidak hanya hasil dijual ke tengkulak saja.untuk itu sudah selayaknya Pemerintah semakin peduli dan mendukung dengan cara sarana prasana yang terus ditingkatkan ,maupun membina masyarakat untuk dididik etika  berbudaya Pariwisata.
     "mohon dukungan ,karena dengan makin majunya Agrowisata di Kota Singkawang tentunya akan menambah penghasilan untuk keluarga kita semua,"ungkapnya.