Minggu, 04 Januari 2015

Adipura Perlu Peran Semua Pihak

SINGKAWANG. Piagam Adipura menjadi rebutan berbagai daerah karena dianggap sangat bergengsi. Kota Singkawang bertekad mendapatkan penghargaan tersebut. “Dengan adanya surat edaran Walikota No.660/879/ASDA tentang kebersihan lingkungan kantor, perumahan, pusat pasar, dan pertokoan, berbagai pihak harus menjaga kebersihan di Kota Singkawang. Hal tersebut dilakukan guna meraih prestasi perolehan Adipura tahun 2013-2014,” kata Drs Karyadi MSi, Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Singkawang, Senin (11/11).
Adipura merupakan penghargaan nasional dari pemerintah pusat kepada daerah yang dianggap dapat menjaga lingkungannya. “BLH Kota Singkawang telah melakukan koordinasi dengan berbagai SKPD, serta instansi terkait, serta berbagai organisasi kemasyarakatan guna meraih penghargaan Adipura di Kota Singkawang,” kata Karyadi Ia menuturkan pihaknya juga melakukan koordinasi dengan BLH Kalbar seiring pointer penilaian serta objek yang dinilai di Kota Singkawang. Termasuk koordinasi secara berkelanjutan tentang langkah persiapan perolehan penilaian agar optimal. “Masyarakat juga ikut terlibat langsung penanaman pohon, juga berharap tanaman yang telah kita tanam dapat dirawat, disiram dan di jaga dengan baik. Janganlah ada tangan jail mencabut tanpa rasa berdosa. Tentunya kita ingatkan bersama,” tuturnya.
Karyadi menjelaskan kepada seluruh PNS di Kota Singkawang dapat menjadi pelopor pencinta lingkungan. Hal itu bisa dilakukan dengan rela menanam minimal dalam sebulan satu pohon secara rutin, maka akan tertanam 4000 lebih satu tahun, dengan demikian PNS Kota Singkawang dapat menyumbang hijau kota ini. “Kita juga turut selalu mendukung lurah dan camat yang telah mensosialisasikan warganya agar menyediakan tempat sampah, mengecat apalagi di daerah pertokoan. Kita berharap pertokoan untuk turut peduli dengan menjaga pot bunga atau tempat sampah yang telah dibagikan Pemkot karena nyaris semuanya pot sudah hancur, hilang, dan pohonnya banyak yang mati,” jelasnya.
Pihaknya juga mengingatkan pada tempat usaha, pertokoan, restoran, PKL, dan, hotel agar dapat menjaga kebersihan tempat usahanya, jangan lagi kebiasaan membuang sampah atau bekas makan di selokan. “Tentunya kita akan terus awasi kebiasaan buang limbah seenaknya jangan sampai mengganggu lingkungan. Kalau tertangkap akan kita pertimbangkan kelayakan izin lingkungannya,” ucapnya.
Menurutnya kepedulian dari diri untuk cinta kebersihan dan mencintai lingkungan jati diri yang diharapkan. Karena dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, nyaman dan hijau merupakan tanggung jawab semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat. “Saya berharap seluruh lapisan masyarakat harus bisa menjaga kebersihan lingkungan di Kota Singkawang, baik itu pertokoan, restoran, hotel termasuk masyarakat. Karena kita ingin Kota Singkawang menjadi lebih bersih,” ujarnya. (dny) http://www.pontianak-times.com/singkawang/121113/adipura-perlu-peran-semua-pihak