Minggu, 04 Januari 2015

Aneh, Air Sungai Singkawang Berwarna Pink

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Ada pemandangan tak lazim yang membuat warga Singkawang beberapa hari ini membicarakan sungai Singkawang. Pasalnya, sungai yang membelah kota Singkawang itu airnya berubah menjadi warna merah muda atau pink. Seperti yang diungkapkan seorang warga, Redi Mahardika, air sungai yang biasanya berwarna coklat cenderung hitam pekat dan berbau tak sedap ini sudah empat hari terakhir berubah warna jadi pink. “Air sungai ini benar-benar berwarna pink, entah apa yang menyebabkannya tidak seorang pun yang mengetahuinya. Padahal saya tiap hari lewat melintas jembatan diatas sungai ini,” kata Redi, Minggu (3/8/2014) ketika sedang menyaksikan dipinggir sungai.
Menurut Redi dan beberapa rekan lainnya, pemandangan janggal ini menarik perhatian. Tetapi tidak ada yang berani menyentuh air tersebut, karena tidak diketahui apakah berbahaya atau tidak. Warna air sungai itu juga menjadi perhatian warga yang melintas di jembatan yang menghubungkan Jalan Merdeka dengan Jalan Pemuda. Beberapa di antara mereka mengaku, selama ini tidak memerhatikan sungai yang membelah Kota Singkawang tersebut, tetapi karena warnanya menjadi pink, mata pun kerap tertuju ke aliran sungai tersebut. “Entah zat apa yang mencemari air sungai ini. Walaupun berwarna pink, tapi tidak ada bau yang aneh dikeluarkannya,” ujar warga yang kebetulan melintas dan berhenti dipinggir sungai.
Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Singkawang, Drs Karyadi Msi mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti apa yang menyebabkan warna Sungai Singkawang berwarna pink. “Kemungkinan dikarenakan adanya tercemar zat-zat tertentu. Nanti akan kita ambil sampelnya untuk diperiksa laboratorium,” ujar Karyadi. Lebih lanjut Karyadi juga belum bisa memastikan, apakah air sungai yang berwarna pink itu berbahaya bagi warga atau tidak. “Kita tetap mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan air warna pink tersebut, bahkan sebisa mungkin jangan sampai bersentuhan dengan kulit,” ujarnya. http://regional.kompas.com/read/2014/08/03/21223041/Aneh.Air.Sungai.Singkawang.Berwarna.Pink.