Minggu, 10 November 2013

Mengenal Transportasi Sungai Masyarakat Jawai Di Kabupaten Sambas
















Singkawang,10-11-2013 - Kabupaten Sambas dulu merupakan kabupaten Induk yang sebelum berpisah terdiri dari Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang.
Masyarakat Di Tiga Daerah tersebut sangat harmonis dan saling menjaga adat budayanya  karena masih banyak handai taulan yang tinggal diwilayah Daerah tersebut.Kecamatan Tebas merupakan daerah Kecamatan yang dilalui bila berkendaraan dan menyeberang Sungai menuju kecamatan Jawai atau Kecamatan Sekura yang ada di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.Jarak tempuh menuju Kecamatan Tebas dari Kota Singkawang Kurang lebih 60 an Kilometer,jalannya mulus dengan jarak tempuh kendaraan 1 Jam sampai tepi Sungai.
Kapal penyeberangan Sungai Jawai menuju kecamatan Jawai ditempuh 45 Menit,sedang perahu motor untuk mengangkut penumpang serta sepeda motor relatif lebih cepat.
Kapal yang mengangkut mobil beroperasi dari jam 7 pagi sampai 8 malam,sedang perahu motor  yang mengangkut penumpang serta sepeda motornya,sampai tengah malam juga masih beroperasi angkut penumpang.
Dengan membayar 3000 Rupiah  tiap orang dan 15 ribu untuk angkut mobil,Kita dapat menyeberangi Sungai Jawai.
Masyarakat Desa Jawai sangat rajin,Kedelai ,padi maupun kelapa hasil tanaman  yang  menjadi primadona masyarakat Jawai Sambas.