Jumat, 22 November 2013

Menikmati Keindahan Bunga Langka Rafflesia Di Gunung Poteng












Singkawang,22-11-2013
Badan Lingkungan Hidup Kota Singkawang , Melalui Sekretarisnya, Drs Karyadi M Si ,Kamis (21/11)  menjelaskan Singkawang mempunyai Aneka macam  Bunga Langka yaitu Bunga Rafflesia,   Sungguh mempesona keindahan bunga langka Rafflesia Tuan Mudae yang tumbuh di Gunung Poteng.

 ",Bunga yang mekar warna merah darah  ini terletak di Gunung Poteng Singkawang  dalam ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Diperkirakan bunga Rafflesia ini mekar sudah dua atau tiga hari sebelum ditemukan,"ucapnya.


Selanjutnya Pemuda Pencinta Lingkungan,Sekretaris Forum Komunitas Hijau,Nono Suprayitno mengatakan Seminggu sebelum kami kesini, telah kami pantau inang dari  bunga Rafflesia  sedang menguncup,Setelah kita kesini sekarang Bunga ini sudah  Mekar dengan Indahnya,berarti bunga ini telah mengalami masa pertumbuhan 9 bulan 20 hari sudah dilewati.

Selanjutnya Nono mengatakan,selain Rafflesia Tuan Mudae yang sudah mekar,masih kita temukan  juga adanya delapan inang Rafflesia yang berada dalam jarak belasan meter.

,"Di Gunung poteng sini ,terdapat Tiga jenis tumbuhan langka selain Rafflesia Tuan Mudae juga  ada jenis bunga Bangkai serta Rizantesh jamur bintang bumi,"ungkap Nono.

Menurut Nono,Di Gunung Poteng sini selain ada  beraneka ragam bunga langka,juga terdapat peninggalan sejarah berbentuk situs situs zaman kolonial sayangnya benda yang bersejarah ini tidak mendapat perhatian dari Pemerintah, seharusnya peninggalan sejarah ini kita rawat agar generasi yang akan datang dapat mempelajari dan menambah pengetahuannya.(ky)