Selasa, 17 Desember 2013

Beri Sangsi Tegas Warga Buang Sampah Di Sungai



Singkawang,17-12-2013








Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai masih sangat minim,meumbuhan liarlihat kondisi itu permukaan sungai menjadi tersumbat dan dipenuhi sampah dan tumbuhan liar.
Mestinya sungai yang airnya dapat dimanfaatkan untuk warga sekitar,dapat juga dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi keluarga.

Aktifis Lingkungan Hidup Kota Singkawang Uray Albert (16/12) mengatakan Masalah sampah bukan hanya dibebankan pada pemerintah saja,namun warga juga dituntut untuk peduli lingkungan sekelilingnya,apalagi budaya membuang sampah di sungai mestinya sudah harus dihentikan,masyarakat harus lebih mencintai lingkungan,air disungai selain untuk kebutuhan hari hari manusia juga sebagai tempat hidup hewan lainnya.

Selanjutnya Albert menyatakan Mestinya pemerintah harus membuat Perda tentang Lingkungan Hidup dan membuat sangsi yang tegas terhadap masyarakat yang membuang sampah di sungai.

,”Masalah Peraturan daerah tentang  kelestarian Lingkungan Hidup itu perlu,karena didalamnya terdapat sangsi bila warga melanggarnya,tentunya kesadaran seluruh masyarakat atau siapapun wajib memperhatikan lingkungannya,namun bila sudah ada Perda tentang Lingkungan Hidup jangan hanya jadi pajangan belaka,lakukan sosialisasi  dan pengawasannya,bila ada yang melanggar tegakkan sesuai aturan yang ada,” ucap Albert.(ky)