Selasa, 17 Desember 2013

RPH Sapi Singkawang Tanggulangi Limbah




Singkawang,16-12-2013

Pembangunan Rumah Potong Hewan(RPH) Sapi terletak di Jalan Kalimantan sudah dalam tahap finishing.Diharapkan pembangunan RPH Sapi ini dapat tepat waktu agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan segera.

Badan Lingkungan Hidup Kota Singkawang,Drs.Karyadi M Si, menjelaskan Dengan pembangunan RPH Sapi  diharapkan  masyarakat tidak lagi sembarangan motong sapi diberbagai tempat,tentunya tempat pemotongan sapi dapat diperhatikan pembuangan limbahnya dan  dijaga kebersihan,kerapian serta  hewan yang dipotong dapat terjamin ke halallannya.





Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan,Yusnita Fitriadi menjelaskan (16/12)  Pembangunan RPH Sapi menelan dana sebesar Rp 2,494 Miliar lebih yang berasal dari anggaran APBN,nantinya tempat  pemotongan juga dilengkapi dengan mesin dan peralatan RPH menelan dana APBN sebesar Rp 1.130 Miliar.

,”Kami minta dukungan masyarakat agar seluruh masyarakat Singkawang dapat memanfaatkan RPH Sapi dengan sebaik baiknya,Kami juga minta tahun depan kepada MUI Kalimantan Barat untuk dapat bekerja sama,guna  dapat memberikan sertifikat rekomendasi Halal,” ucap Yusnita.

Selanjutnya Yusnita, berharap  Pembangunan RPH Sapi yang direncanakan mempunyai fasilitas lengkap,seperti kandang,tempat istirahat dan pengolahan limbah harus benar benar dijaga serta selalu dirawat kebersihannya,tentunya hewan hewan yang dipotong  di RPH ini sudah memenuhi unsur ASUH  (Aman,Sehat,Utuh dan Halal ) .(ky)