Minggu, 01 Desember 2013

Menikmati Air Terjun Gunung Poteng Singkawang















Singkawang,1-12-2013
Menikmati Keindahan Gunung Poteng di Singkawang timur
Pesona Gunung Poteng sejak tahun 1960 sudah menjadi tempat wisata
Sungguh amat disayangkan Gunung Poteng sebagai Hidden paradise
sekarang tidak terawat lagi,sangat banyak bukti peninggalan tempo dulu
yang masih dapat kita lihat,Pipa air,Bak Air,Bekas villa maupun air terjun yang
di alirkan ke kolam untuk distribusi masyarakat Singkawang.

Sekretaris BLH Singkawang menjelaskan Gunung Poteng yang mempunyai jarak 4 Km dari pusat kota tentunya menarik kita kunjungi,membawa keluarga sangat mengasikkan,apalgi pada saat musim durian kita dapat menikmati di atas gunung ,sungguh menjadi keasyikkan tersendiri.

Wisatawan dari Yogyakarta,Wiranto bersama cucunya mengatakan sungguh
indah tempat gunung poteng ini,alamnya sejuk,alami dan udara segar dan tempatnya tidak
jauh dari pusat kota Singkawang.

,"sungguh sangat menyenangkan ,saya dapat berekreasi bersama cucu sambil main
air dan melihat sejuknya alam gunung poteng,apalagi di sini banyak bunga Rafflesia dan durian kita juga dapat menikmatinya
dengan harga yang sangat murah,"ujar wiranto bersama cucunya yang kedinginan habis main air terjun.


Mengenal Panorama Gunung Poteng:


Cagar Alam Raya Pasi berada di sekitar Kota Singkawang. Secara geografis terletak pada 108o59' - 109o07'40" BT dan 0o48'30" - 0o52'20" LU. Kawasan seluas 3742 hektar ini ditunjuk sebagai kawasan konservasi sejak tahun 1990. Fungsi penting keberadaan Cagar Alam Raya Pasi selain sebagai kawasan perlindungan, juga mempunyai fungsi hidrologis guna memenuhi kebutuhan air bagi penduduk kota Singkawang dan sekitarnya.

Terdapat beberapa jenis tumbuhan unik dan langka seperti Bunga Bangkai (Amorphopalus sp), Bunga Bintang (Rhizanthes zepelii) dan Bunga Rafflesia (Rafflesia tuanmudae) serta tipe ekosistem hutan hujan pegunungan yang memiliki keanekaragaman jenis flora dan fauna yang tinggi. Cagar Alam Raya Pasi tentunya memiliki fungsi perlindungan yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan flora dan fauna tersebut.

Sebagai kawasan yang terletak di sekitar kota yang relatif mudah untuk dikunjungi, serta memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar maka Cagar Alam Raya Pasi sangat berprospek apabila dikembangkan sebagai Hutan Wisata Alam.

Gunung Poteng, bagian dari Cagar Alam Raya Pasi, terlihat seperti jari jempol manusia yang menandakan suatu pengakuan. Jaraknya 4 km sebelah timur kota Singkawang dengan ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Terdapat kolam renang peninggalan bersejarah Belanda dengan airnya yang jernih dan bersih. dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk sampai ke objek wisata ini.