Kamis, 30 Juni 2011

Pol PP Minta Panti Sosial

SINGKAWANG, Tribunpontianak.co.id- Sat Pol PP Kota Singkawang berharap adanya panti sosial untuk menampung gelandangan dan pengemis (gepeng) di Kota Seribu Kelenteng.

"Intinya Satpol PP Kota Singkawang siap menangkap gepeng yang beroperasi di wilayah Singkawang. Tapi setelah itu mau dikemanakan, itu yang belum ketemu solusinya," ungkap Kasat Pol PP Kota Singkawang, Karyadi, kepada Tribunpontianak.co.id, Selasa (07/06/2011).

Selama Mei hingga awal Juni, Sat Pol PP telah berhasil menangkap 14 gepeng dan 11 pencari sumbangan tanpa izin. Setelah didata, semuanya langsung diantar ke bus dan diminta pulang ke daerah asalnya masing-masing.

Karyadi mengatakan, dengan keterbatasan yang ada, hanya itulah yang bisa dilakukan oleh Sat Pol PP Kota Singkawang. Tindakan itu, diakuinya belum cukup ampuh, karena terbukti ada gepeng yang kemudian kembali lagi beroperasi di Singkawang.

Andai ada panti sosial yang menampung pengemis, kata Karyadi, maka di tempat itulah Sat Pol PP akan membawa gepeng yang tertangkap.

"Panti sosial itu fungsinya membuat orang yang tidak produktif menjadi produktif. Mereka dibina dalam waktu yang cukup lama di panti sosial," jelasnya.

Penulis : M Arief Pramono
Editor : Marlen Sitinjak
Sumber : Tribun Pontianak