Senin, 09 Januari 2012

Tim Gabungan Amankan Produk Kedaluwarsa



Selasa, 13 Desember 2011 Sebanyak 39 produk makanan dan minuman kedaluwarsa dari 20 warung ataupun toko diamankan tim gabungan dalam razia di wilayah Singkawang Utara, siang tadi. Tim juga mengamankan belasan pelajar berseragam yang berada di warnet.

Tim gabungan dari Satpol PP, Kodim, Brigif, Kejaksaan, Polres, Rindam, Subdempom, dibantu Dishubkominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Perdagangan Kota Singkawang mencapai 94 personel. Mereka dibagi menjadi dua tim dan turun sejak pagi hari.

Kepala Satpol PP Kota Singkawang Karyadi mengatakan, kelompok pertama sasarannya adalah tempat penjualan makanan dan minuman kedaluwarsa di wilayah Singkawang Utara. Satu tim lainnya ke arah Singkawang Barat, dengan tujuan melihat aktivitas di warung internet serta pengawasan anak-anak sekolah.

“Kegiatan semacam ini akan terus digalakkan jelang Natal 2011 dan Tahun Baru 2012,” kata Karyadi kepada wartawan.

Tim yang bersama Dinas Perdagangan, lanjutnya, bertujuan memberikan perlindungan kepada konsumen agar tidak membeli barang-barang kedaluwarsa yang masih beredar. Petugas sekalgius memberikan pengarahan kepada pemilik toko agar tidak menjual makanan atau minuman tidak layak.

“Setelah di wilayah kota, sekarang kita ke wilayah pinggiran. Kita temukan masih ada barang-barang kedaluwarsa dijual. Karena secara kesehatan, itu tidak bagus jika sampai dikonsumsi warga,” katanya. Barang kedaluwarsa yang berhasil ditemukan, di antaranya adalah dari jenis susu serta ikan kaleng.

Pemilik toko yang kedapatan menjual barang kedaluwarsa diminta membuat surat pernyataan langsung di lokasi. Surat itu menegaskan pedagang tidak lagi menjual barang-barang tidak layak konsumsi tersebut.

“Para pemilik toko pun memahami apa yang dilakukan petugas. Bahkan di antaranya membantu mencarikan barang-barang yang kedaluwarsa dan siap membantu Pemerintah Kota Singkawang dalam rangka melindungi konsumen,” katanya.

Sementara itu, tim lainnya didukung petugas Dinkes dan Dishubkominfo dan Disdik memberikan pengarahan kepada pelajar yang kedapatan masih menggunakan seragam sekolah berkeliaran di tempat-tempat umum. “Terlebih lagi saat ini sekolah sedang ulangan. Siswa pulangnya, kan awal. Petugas kemudian memberikan pengarahan kepada pelajar yang masih mengenakan seragam di taman atau di warnet, agar pulang dulu setelah sekolah. Lebih bagus lagi, mempersiapkan pelajaran untuk besok hari,” katanya.

Dalam kegiatan ini, menjaring belasan anak yang masih mengenakan seragam berada di warnet maupun di taman. Satu di antaranya siswi SLTA, tiga siswa sekolah dasar, dan 14 pelajar putra dari SLTA. “Semuanya langsung disuruh berbaris oleh petugas dan diberikan arahan,” katanya / Sugeng / http://kalbar-online.com/news/ekalbar/singkawang/tim-gabungan-amankan-produk-kedaluwarsa